Analysis Of The Influence Of Social Media Influencers, Herding Bias, Information Quality On Student Invesment Decisions UPN ‘Veteran’ East Java Mediated By Fear Of Missing Out (FOMO)

Authors

  • Winda Amalia Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Nurjanti Takarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33751/jhss.v9i2.86

Keywords:

Fear Of Missing Out, Herding Bias, Investment Decisions, Informations Quality, Social Media Influencers

Abstract

This study examines the effects of social media influencers, herding bias, and information quality on the investment decisions of 119 UPN Veteran East Java students, with FOMO as a mediator. Using PLS-SEM analysis via SmartPLS, results show that herding bias (β = 0,002, p < 0.05) and information quality (β = 0,001, p < 0.05) directly influence investment decisions, while social media influencers affect decisions indirectly through FOMO (β = 0,331, p < 0.05). FOMO significantly mediates the relationship between these factors and investment behavior, highlighting the key role of social and psychological influences in students’ digital investment choices.

References

Andaresta, L. 2024. “Begini Perilaku & Minat Masyarakat Indonesia Terhadap Investasi Digital.” Hypeabis.id, September 5, 2024. Diakses Januari 4, 2025. https://hypeabis.id/read/41119/begini-perilaku-minat-masyarakat-indonesia-terhadap-investasi-digital.

Aristiwati, N. I., dan K. S. Hidayatullah. 2021. “Pengaruh Herding dan Overconfidence terhadap Keputusan Investasi (Studi pada Nasabah Emas Kantor Pegadaian Ungaran).” Jurnal Among Makarti 14(1).

. Erika, dan W. Yuwono. 2020. “Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Informasi Akuntansi, Informasi Netral, Rekomendasi Penasehat, dan Kebutuhan Finansial terhadap Keputusan Investasi di Pasar Modal.” SEIKO: Journal of Management & Business 3(3). http://journal.stieamkop.ac.id/seiko.

Fitriyah, N. H. 2023. “Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Transparansi Informasi dan Influencer Sosial Media terhadap Keputusan Gen Z Melakukan Investasi Reksadana dengan FOMO sebagai Variabel Moderasi.” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 1(8): 30–41.

Gupta, S., dan M. Shrivastava. 2022. “Herding and Loss Aversion in Stock Markets: Mediating Role of Fear of Missing Out (FOMO) in Retail Investors.” International Journal of Emerging Markets 17(7): 1720–1737. https://doi.org/10.1108/IJOEM-08-2020-0933.

Jumiyani, E. Wibowo, dan R. Indriastuti. 2024. “Pengaruh Pengalaman Investasi, Risk Tolerance, dan Influencer Sosial Media terhadap Keputusan Investasi dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-commerce 3(3): 451–470. https://doi.org/10.30640/digital.v3i3.3243.

Kustodian Sentral Efek Indonesia. 2024. “Statistik Pasar Modal Indonesia.” Desember 31. Diakses dari https://www.ksei.co.id.

Mahmud, D., F. N. Heryanto, H. Muzaki, dan F. Mustikasari. 2023. “The Influence of Hedonic Motivation, Influencer Marketing on Purchase Decision With FoMO (Fear of Missing Out) as Mediation.” International Journal of Professional Business Review 8(11): e03834.

Mulyani, E., dan Y. C. Permata. 2022. “Pengaruh Informasi, Risk Perception, dan Herding terhadap Keputusan Investasi.” JEA: Jurnal Eksplorasi Akuntansi 4(2): 311–323. http://jea.ppj.unp.ac.id/index.php/jea/index.

Mumtazah, R. M., dan M. Anwar. 2023. “Analisis Pengaruh Herding Behavior dalam Memoderasi Keputusan Investasi Saham pada Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 5(1). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Nadhifah, R., dan M. Anwar. 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan dan Toleransi Risiko terhadap Keputusan Investasi (Studi pada Warga Desa Sekapuk Kabupaten Gresik).” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 14(2): 1–11.

Norjanah, N. F., O. Usman, dan M. Fawaiq. 2024. “Pengaruh Media Influencer dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Reksadana oleh Generasi Z yang Dimediasi oleh FOMO.” LANCAH Inovasi dan Tren 2(2): 630–638. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.282.

Pertiwi, H. A., dan B. Panuntun. 2023. “Pengaruh Herding Behavior, Cognitive Bias, dan Overconfidence Bias terhadap Keputusan Investasi.” Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis dan Manajemen 2(3): 112–129.

Phung, K. C., dan I. D. Nur. 2024. “Keputusan Investasi Keuangan dan Fear of Missing Out sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur.” Jurnal Manajemen dan Sains (J-MAS) 9(2). https://doi.org/10.33087/jmas.v9i2.1928.

Pratiwi, M. C., dan M. Anwar. 2022. “Pengaruh Overconfidence terhadap Keputusan Investasi Keuangan pada Anggota HIPMI PT Surabaya.” Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis 6(2): 620–632. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.963.

Rahmawati, U., dan S. Raharja. 2024. “The Influence of Herding, Loss Aversion, and Availability on Investment Decision-Making with Fear of Missing Out as a Mediating Variable among Generation Z Investors.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 7(3): 8461–8482.

Rohman, N. N., dan E. Rahmawati. 2023. “Interpretation of Media System Dependency Theory on Financial Technology.” Jurnal ASPIKOM 8(1). https://doi.org/10.24329/ASPIKOM.v8i1.1186.

Sabilla, V. B., dan K. T. Pertiwi. 2021. “Pengaruh Bias Perilaku Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham Para Investor Pemula di Kota Sidoarjo.” Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 5(2). https://jurnal.politeknikkebumen.ac.id/index.php/E-Bis

Saiang, V. H., I. T. Regita, Y. Indahsari, D. M. Rahmasari, dan E. Fitriani. 2022. “Pengaruh Influencer Saham terhadap Minat Investasi Generasi Milenial pada Modal.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (Jimek) 5(1).Saputri, D. Y., E. Anggraeni, dan Madnasir. 2023. “Peran Kualitas Informasi terhadap Keputusan Investasi Syariah Generasi Z dengan Dimoderasi Media Informasi Era Covid-19.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9(2): 2783–2792. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8953.

Sinaga, A. J. N., dan O. Usman. 2025. “Influence of FOMO, Information, and Influencers on Crypto Investment Decisions.” International Student Conference on Business, Education, Economics, Accounting, and Management (ISC-BEAM) 3(1): 2001–2018. https://doi.org/10.21009/ISC-BEAM.013.150.

Silalahi, R. P. 2023. Faktor Rasional dan Irasional yang Memengaruhi Pengambilan Keputusan Investasi Saham Syariah Bagi Milenial. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/18603/1/REPOSITORI%20LAPORAN%20PENELITIAN.pdf.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyatna, dan R. Agustina. 2022. “Pengaruh Risk Perception dan Kualitas Informasi Akuntansi terhadap Keputusan Investasi di Masa Pandemi (Studi pada Investor GI BEI FE Unhasy Tebuireng Jombang).” Behavior Accounting Journal (BAJ) 5(2). https://doi.org/10.33005/baj.v5i2.207.

Yuniningsih. 2020. Perilaku Keuangan dalam Berinvestasi (Laboratorium Experiment dan Field Experiment). Indomedia Pustaka

Downloads

Published

29-09-2025

How to Cite

Winda Amalia Sari, & Takarini, N. . (2025). Analysis Of The Influence Of Social Media Influencers, Herding Bias, Information Quality On Student Invesment Decisions UPN ‘Veteran’ East Java Mediated By Fear Of Missing Out (FOMO). JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES), 9(2), 216–221. https://doi.org/10.33751/jhss.v9i2.86